Lucky Sebastian owner milis gadtorade dan  gadtorade shop, memuat sebuah tulisan untuk merayakan ulang tahun ke 2 android. Sebagai orang yang paling jago nge-racun di dunia android, tulisan2nya amat menarik untuk dibaca. Berikut saya copy dan paste tulisan beliau :

Guys, apa kabar.

Kiranya sekarang sudah banyak yang mendengar tentang android dan boomingnya. Dalam tulisan iseng ini, saya mau berbagi cerita tentang awal mulanya android kenapa bisa muncul, sudah sampai mana dan mau kemana. Tulisan ini sebagian pernah saya ceritakan sebagai bagian presentasi dalam gathering id-android yg entah ke berapa kali, dan sedikit dalam peluncuran Dell Streak.
Kiranya bermanfaat buat android lover dan gadgeteer lainnya, untuk melihat semangat yang dikandung android di dalamnya.

Suatu ketika Google, raksasa search engine, membeli Android inc, yang dipimpin Andy Rubin. Setelah dibeli, Google mengangkat Andy Rubin sebagai Vice President of Engineering urusan android, google menyadari, Andy Rubin yang berkutat di android adalah orang yang paling mengerti tentang android, orang ini tetap harus memimpin.

(Bandingkan dengan kisah Steve Jobs di Apple inc, dia yang membuat apple, dia memberi rohnya, saat membesarkan Apple, eh dia bisa disingkirkan dari Apple sampai harus membuat Next computer, dan akhirnya kembali ke Apple menghasilkan kejayaan)

Saat itu digelar meeting, untuk mendengarkan visi dan misi dari Android yang dibawakan oleh Andy Rubin. Hadir disana adalah VP Engineering google, Vic Gundotra.

Ketika meeting baru mulai dan Andy siap memaparkan apa itu android, Vic langsung menyela dengan skeptis, dengan pertanyaan: ”Andy, apa dunia ini benar masih butuh mobile operating system lain?” Usaha google adalah di mesin pencari dan iklan, dan mesin pencari google sudah ada disetiap smartphone.

Saat itu di dunia sudah ada banyak operating system, ada Windows Mobile, ada Blackberry, ada Symbian , dan ada rajanya smartphone, Apple dengan iPhone or iOS nya, belum lagi operating system kecil lain .

Dan Andy menjelaskan demikian, ada 2 point utama kenapa android harus dibuat.

Point pertama.
Saat ini kita sedang kritis, dan butuh sebuah operating system yang free dan terbuka (open source) supaya setiap developer bisa bebas berinovasi di setiap level di dalamnya.
Dengan cara ini para pembuat handset atau vendor  bisa membuat handset sesuai keinginannya, boleh layar 2″, 3″ atau 4″. Boleh pakai keyboard, boleh tidak., boleh ada kamera depan atau tidak…

Dan nanti semua operator bisa ikut bergabung bersama sesuai kemampuan mereka, boleh 2G, 3G, 4G, LTE, Wimax, boleh CDMA boleh GSM dll.

Akhirnya nanti adalah konsumen yang diuntungkan, mereka bisa menentukan sendiri handset smartphone android mana yang terbaik menurut mereka, sesuai kebutuhan, kemampuan dan operator yang menjadi pilihan mereka.

—– dan begitulah dasar dari android yang ada sekarang, dalam usia masuk 2
tahun, android ada di berbagai merk, ada yg murah , ada yang mahal, ada yg
layar 2 inch, 3″ , 4″ bahkan 5″ dan 7″, ada yang kecepatan prosesornya
300Mhz, ada yang 1Ghz, dan ada yang lebih dari itu , ada yang berkeyboard,
ada yang berlayar sentuh kapasitif, resistif, berkamera depan, berkamera
3MP, 5MP, 8MP dll, juga dengan berbagai dukungan operator berbeda-beda,
android fit di dalamnya.——–

Bersambung …

Leave a Reply